Apakah Organisasi?
ORGANISASI:
Pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu Kelompok orang (dua atau lebih) yang bekerja sama dengan terkoordinasi, dengan cara terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu
Manfaat Organisasi :
Manajemen
Proses merencanakan (planning), mengorganisir (organizing), pengarahan (leading), pengendalian (controlling) kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
Kegiatan POLC disebut proses manajemen
PERENCANAAN
Menetapkan sasaran, merumuskan tujuan, menetapkan strategi, membuat strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan
PENGORGANISASIAN
Menentukan apa yang perlu dilaksanakan, cara pelaksanaannya dan siapa yang melaksanakannya
PENGARAHAN/MEMIMPIN
Mengarahkan dan memotivasi semua pihak yang terlibat dan memecahkan pertentangan
MENGAWASI
Memantau kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan diselesaikan seperti yang direncanakan dan mengoreksi penyimpangan-penyimpangan
ORGANISASI:
Pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu Kelompok orang (dua atau lebih) yang bekerja sama dengan terkoordinasi, dengan cara terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu
Manfaat Organisasi :
- Melayani masyarakat
- Mencapai tujuan tertentu
- Memberi karir
- Memelihara ilmu pengetahuanKaitan antara Organisasi dengan Manajer
- Manajemen menurut Mary Parker Follet didefinisikan sebagai seni mencapai sesuatu melalui orang lain.
- Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen.
- Dengan demikian kegiatan manajer melibatkan orang lain. Untuk mencapai tujuan lebih efektif, organisasi, yang meliputi kerjasama antar anggotanya, dapat dipakai oleh manajer. Jika seseorang bekerja sendiri, ia bukan manajer, dan tidak memerlukan organisasi.
Manajemen
Proses merencanakan (planning), mengorganisir (organizing), pengarahan (leading), pengendalian (controlling) kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumberdaya organisasi.
Kegiatan POLC disebut proses manajemen
PERENCANAAN
Menetapkan sasaran, merumuskan tujuan, menetapkan strategi, membuat strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan
PENGORGANISASIAN
Menentukan apa yang perlu dilaksanakan, cara pelaksanaannya dan siapa yang melaksanakannya
PENGARAHAN/MEMIMPIN
Mengarahkan dan memotivasi semua pihak yang terlibat dan memecahkan pertentangan
MENGAWASI
Memantau kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan diselesaikan seperti yang direncanakan dan mengoreksi penyimpangan-penyimpangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar